Pemanfaatan Big Data Analytic terhadap BPM (Business Process Management)

Dikutip dari website Telkom University. Jika membahas tentang big data analytic, maka ia akan berurusan dengan kumpulan data (data set) dalam jumlah yang besar, di mana proses tersebut adalah untuk mencari pola dan korelasi antar data yang dimiliki sehingga akan menghasilkan insight atau wawasan baru terkait data tersebut. Dari wawasan yang dihasilkan tersebut akan sangat berpengaruh terhadap manajemen proses bisnis (business process management) dari sebuah industri atau perusahaan seperti customer behaviour, prediksi dari market trend, mendeteksi penipuan dan penyalahgunaan, dan sebagainya. Menurut artikel pada https://www.infosysbpm.com/blogs/bpm-analytics/big-data-analytics-and-bpm-a-complete-guide.html, pemanfaatan big data analytic terhadap BPM dapat membantu setidaknya lima (5) poin yaitu : Optimalisasi proses, Proyeksi hasil bisnis, Pemantauan real-time, Wawasan pelanggan dan Manajemen risiko Berdasarkan artikel tersebut bila di kaitkan dengan pemanfaatan big data analytics dalam bisnis layanan pemasaran (marketing service) dapat membuka berbagai peluang untuk mengoptimalkan proses-proses yang ada. Beberapa proses yang dapat dioptimalkan melalui analisis big data dalam tipe bisnis ini termasuk: Kinerja Konten : Melalui analisis big data, Anda dapat memahami kinerja konten pemasaran Anda di berbagai kanal dan platform. Ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan alokasi anggaran pemasaran Anda dan fokus pada kanal yang memberikan hasil terbaik. Pengukuran Kinerja Kampanye: Analisis big data memungkinkan Anda untuk melacak dan mengukur kinerja kampanye pemasaran Anda secara lebih detail. Anda dapat melihat metrik seperti tingkat konversi, tingkat keterlibatan, dan ROI untuk mengevaluasi efektivitas kampanye Anda dan melakukan penyesuaian yang diperlukan. Pemodelan Prediktif: Dengan memanfaatkan big data analytics, Anda dapat melakukan pemodelan prediktif untuk memprediksi perilaku pelanggan di masa depan. Ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi peluang penjualan baru, memperkirakan nilai pelanggan, dan mengoptimalkan strategi pemasaran Anda. Analisis Sentimen: Analisis big data dapat digunakan untuk memantau dan menganalisis sentimen pelanggan terhadap merek Anda di media sosial dan platform online lainnya. Ini membantu Anda memahami persepsi pelanggan tentang merek Anda dan merespons dengan cepat terhadap umpan balik yang diberikan.

Komentar